• Fri. Sep 22nd, 2023

Xavi ‘terkejut’ dengan intensitas Arsenal di laga pramusim

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez mengatakan dia terkejut dengan intensitas Arsenal dan pelanggaran taktis saat juara LaLiga itu dikalahkan 5-3 oleh tim Liga Premier di Los Angeles pada Rabu.

Robert Lewandowski dan Raphinha dua kali memberi Barca keunggulan, tetapi gol dari Bukayo Saka, Kai Havertz, dan dua gol Leandro Trossard membuat Arsenal kehilangan pandangan.

Ferran Torres secara singkat membuat Barca – yang mengenakan seragam putih untuk pertama kalinya dalam 44 tahun – kembali ke permainan di akhir pertandingan, hanya untuk pemain pengganti Fabio Vieira yang mengembalikan keunggulan dua gol Arsenal pada menit ke-89.

“Itu adalah pertandingan yang bagus untuk para penggemar tetapi tidak untuk para pelatih,” kata Xavi dalam konferensi pers pascapertandingan.

“Itu naik turun. Anda bisa mengatakan Arsenal jauh lebih jauh dari kami [di pramusim]. Itu mengatakan, kami terlalu lunak dalam pertahanan.

“Namun, ada sisi positif dan negatifnya. Saya berkata kepada Mikel di akhir pertandingan, ini seperti pertandingan Liga Champions dengan intensitas yang mereka berikan.

“Itu tidak normal untuk pertandingan persahabatan, tapi saya mengerti semua orang ingin menang. Bagi kami, ini adalah pertandingan persahabatan pertama kami dan kami melakukannya dengan dukungan banyak pemain yang memiliki bug.”

Ditanya apakah intensitas pertandingan mengejutkannya, dia menambahkan: “Bukan milik kami, tapi milik Arsenal, ya. Tidak normal bermain dengan intensitas seperti itu, membuat pelanggaran taktis.

“Semua orang ingin bersaing, tetapi ini adalah pertandingan persahabatan. Mereka bermain dengan tingkat intensitas yang berbeda. Kami menganggapnya serius tetapi alasan utama [kekalahan] adalah perbedaan ritme dan ketajaman pertandingan.”

Pelatih Arsenal Arteta setuju permainan itu intens tetapi tidak terbatas hanya pada timnya.

“Itu menjadi sangat kompetitif untuk pertandingan persahabatan,” katanya. “Sepak bola adalah milik para pemain dan setelah tekel pertama [dari Barcelona] dan gol pertama mereka, Anda bisa melihat perubahan.

“Bermain di depan 70.000 penggemar membantu [memotivasi para pemain], tetapi terkadang saya pikir itu terlalu berlebihan untuk sebuah pertandingan persahabatan.”

Xavi mengatakan kejadian di lapangan tidak akan mempengaruhi hubungannya yang sudah terjalin lama dengan Arteta.

“Kami memiliki karir yang sama,” katanya. “Kami berdua adalah anak-anak di Barca dan kami bermain bersama. Saya mendoakan yang terbaik untuknya dan saya sangat menghormatinya.

“Arsenal pantas menang. Kecepatan dan kebugaran adalah perbedaan utama. Dengan bola kami bagus, tapi kami buruk dalam bertahan.”

Barca dijadwalkan bermain melawan Juventus akhir pekan lalu di Santa Clara tetapi pertandingan itu ditunda karena virus perut yang menyerang 14 pemain tim utama.

Oleh karena itu, pertandingan hari Rabu di stadion SoFi adalah kesempatan pertama bagi Xavi untuk melihat para pemain musim panas ini, dengan pelatih Barca menurunkan XI yang berbeda di setiap babak.

Ilkay Gundogan dan Oriol Romeu sama-sama melakukan debut setelah bergabung dengan klub musim panas ini, sementara ada juga menit bermain untuk pemain muda Fermin Lopez dan Lamine Yamal.

Arsenal, sementara itu, telah memainkan tiga pertandingan persahabatan sejak kembali untuk pramusim, bermain imbang dengan Nurnberg, mengalahkan tim MLS All-Star dan kalah dari Manchester United.

Runner-up Premier League sekarang akan kembali ke Inggris untuk persiapan terakhir mereka menjelang dimulainya musim baru, yang akan dimulai pada 12 Agustus ketika mereka menghadapi Nottingham Forest pada akhir pekan pembukaan musim 2023-24.

Barca memiliki dua pertandingan lagi di Amerika Serikat. Mereka bermain melawan Real Madrid di Clasico di Dallas pada hari Sabtu dan kemudian menutup tur mereka melawan AC Milan di Las Vegas pada hari Selasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *